MAKANAN KHAS SINGARAJA


Bali, Pulau yang sangat terkenal di seluruh dunia akan kekayaan seni, budaya, dan keindahannya. Tapi, bukan hanya itu, Bali juga terkenal dengan kulinernya yang AJiiiip ABIES!!! Salah satu contoh yang paling Ajiiip, kita telusuri dulu dari yang paling utara. Ayo kita telusuri kuliner kotanya I GUSTI ANGLURAH PANJI SAKTI…
~ Jukut Buangit
Pernah makan jukut buangit sebelumnya? Jukut buangit itu adalah makanan khas Sangsit. Wah berarti anak-anak sangsit musti tahu nih makanan satu ini. By the way tahu ga jukut buangit itu apa? Jukut itu istilah makanan yang terbuat dari sayuran berkuah. Sayuran ini sangat enak rasanya, dimasak dengan bumbu yang dicampur dengan asem, wah... rasanya enak sekali apalagi kalau nasi dicampur dengan kuahnya yang banyak (kancabang). Jukut Buangit ini bisa anda peroleh di Sepanjang Jl. Diponegoro, dijual secara berkeliling (ngider) sekitar jam sembilan pagi. Tunggu saja di depan Toko Meubel Ruci (ex Pabrik Es), penjualnya seorang wanita
~ Siobak
SIOBAK. Makanan Siobak yang paling terkenal di Lionking City adalah Siobak Khe Lok yang bisa anda dapatkan di Kampung Tinggi (dekat terminal angkot Kampung Tinggi), rasanya luar biasa. Kalau bisa coba juga Siobak yang dijual di warung tenda atau yang dijinjing (ngider). Masing-masing memiliki rasa yang khas. Kalau Siobak yang ngider atau yang warung tenda biasanya dagingnya banyak mengandung lemak.
~ Tipat Belayag
Kalau sudah datang ke Singaraja, wah… ga klop deh kalau belum nyobain kuliner satu ini. Soalnya…ini makanan khas SINGARAJA BANGET…Jadi… haram hukumnya kalau belum nyobain nih TIPAT BELAYAG—KHAS SINGARAJA-BALI. Tipat Blayag dibuat dari tipat yang diisi dengan kacang merah goreng, ayam sisit, krupuk ayam dan disirami dengan bumbu khusus yang rasanya Ajiiip banget. Biasanya dibungkus dengan kertas minyak yang dilapisi dengan daun pisang. Tipat Blayag bisa diperoleh pada waktu pagi hari di Pasar Banyuasri (tanya saja tukang parkir di dalam pasar), juga bisa didapatin di sebuah bale banjar tepat di DEPAN GARDU LISTRIK di JL.GAJAH MADA, tempatnya agak tersembunyi sih, tapi kalau pelan-pelan nyariin gardunya pasti ketemu deh. Sedangkan pada sore hari, anda bisa peroleh di persimpangan Jl. Serma Kerma - Jl. Laksamana, di Utara Kantor Lurah Baktiseraga.
~ Laklak SINGARAJA
Bagi yang suka lari pagi nih, Laklak emang jajan yang paling enak dinikmati di saat pagi-pagi gitu… Laklak ini jajanan khas Bali,tapi kalau di Jawa lebih dikenal dengan nama Serabi, nah di Bali juga ada.. namanya Laklak, jaje Laklak merupakan jajanan pasar tradisional Bali yang terbuat dari tepung beras, Kapur sirih, Daun kayu sugih dan bahan tambahannya berupa parutan kelapa, gula merah dan garam, bentuknya bundar, salah satu sisinya kasar berwarna hijau dan sisi lainnya lembut berwarna putih. Biasanya laklak disajikan dengan ditaburi parutan kelapa dan disiram dengan larutan gula merah yang cukup kental.Pesan dulu, kemudian tinggalkan berlari pagi bersama keluarga, 30 menit, kemudian kembali dan anda bisa menikmati sajian laklak hangat yg masih makudus. Yang ngetop di belakang terminal Banyuasri, ini buka pagi jam 05.00 dan sore mulai jam 18.00.Yang di jalan Dewi Sartika Selatan buka hanya pagi mulai jam 05.00. Di Jl. Laksamana buka jam 10.00.
~ Entil Khas PUPUAN,Singaraja
Di pupuan itu ada makanan khas yang enak, namanya Entil, dan saya rasa cuma ada di Pupuan, ngga ada di tempat lain. Dagangan yang mirip lontong sayur ini mulai buka jam 4 sore sampai jam 7 malam menggunakan gerobak. Entil rasanya hmmm.. enak dan mantab, biasanya disajikan dingin dengan 2 bungkus entil 1 porsinya, trus disiram pake sayur urap dengan daging ayam yang disuir dicampur dengan parutan kelapa dan kuah yang berwarna kuning kental. Seporsinya cuma Rp, 2.500, bisa ditambah sate dan kulit atau usus ayam. Bagi anda yang kebetulan melintasi Pupuan dan mau ke arah jembrana atau seririt, ngga ada ruginya untuk mampir dan mencicipi menu khas Pupuan ini.

~ Jaje Uli
Wah..kalau ini sih jajan yang biasanya dimakan pake tape hijau, sama-sama terbuat dari ketan, tetapi Jaje Uli ini dibuat kering dan kaku, rasa jaje uli hambar, enaknya jika disiram dengan tape, makannya pun harus pakai tangan(kalau ingin lebih nikmat).
~ Tape
Tape biasanya terbuat dari ketan yang melalui proses fermentasi, sehingga mengandung alcohol, rasanya manis-manis asem, enak kalau dimakan dengan Jaje Uli. Namun ada juga Tape singkong, yang proses fermentasinya dari singkong.
Nah itu sebagian makanan Ajiip yang bisa anda dapatkan di Bali, lebih fokusnya ke Singaraja,jika ingin merasakan betapa Ajiipnya makanan Singaraja… Ayo datang kemari dan rasakan AJIP-Nyaaaa…..
NB: lebih lanjut buka www.indo-chef.com/bedil.html

sumber :  http://e6-09.blogspot.com/2009/08/makanan-khas-singaraja_16.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com