Kuliner Khas Gorontalo.

Binthe Biluhuta, Makanan Khas Gorontalo
Binthe Biluhuta merupakan makanan khas Gorontalo yang ada sejak masa lampau. Makanan ini diwariskan secara turun temurun oleh teteua Gorontalo. Pada masyarakat Gorontalo, Binthe Biluhuta atau yang sering dikenal dengan sebutan “milu siram” merupakan makanan yang sangat unik. Sebenarnya, bicara masakan khas Gorontalo, tidak sebatas pada binthe biluhuta atau milu siram saja, karena banyak makanan khas Gorontalo, yang perlu dikenal secra luas, tetapi mungkin yang lebih fokus ke binthe biluhuta saja.


Kita coba analisa kata “binthe biluhuta,” binthe artinya jagung, biluhuta artinya disiram atau siraman, dalam analisa luas, artinya jagung siram atau lebih popuoler dimayarakat Gorontalo dan sulawesi utara adalah milu siram. Makanan ini berbahan dasar jagung dan beberapa rempah-rempah sebagai penyedap.

Bagi masyarakat Gorontalo, makanan ini bukanlah makanan yang asing, tetepi makanan ini merupakan salah satu daftar makanan yang paling digemari di Gorontalo. Dibeberapa daerah, mungkin jagung bakar atau rebus merupakan makanan camilan malam, tetapi di Gorontalo jika sudah dibuat milu siram, bukan lagi sebagai camilan melainkan termasuk makanan pokok.

Tentang makanan ini, tentu saja ada yang bertanya, jika binthe biluhuta merupakan makanan khas maka pasti cara membuatnya pun sangat mudah. Ya, benar cara membuatnya pun muda dan bahan dasarnya pun gampang didapat apalagi didaerah yang memiliki lahan jagung seperti Gorontalo.

Resep Masakan-Resep Masakan Gorontalo Binthe Biluhuta (Milu Siram)
Bahan – bahan yang harus disediakan (Resep Milu Siram)
Bahan :
• 5 bonggol Jagung Segar
• Ikan cakalang / Tuna / Tenggiri
• Udang kecil segar
• 10 bh cabe rawit (banyak terserah yg suka pedes yaa)
• 10 bawang merah di iris kasar..
• 3 bh jeruk lemon / nipis
• 2 batang bawang daun , daun kemangi secukupnya.
• Kelapa parut segar dari 1 buah kelapa…

Kemudian Cara Membuat Milu Siram :
1. Ikan dibakar kemudian dicabik-cabik kecil.
2. Jagung dipipil kemudian direbus.
3. Bawang daun dan daun kemangi iris halus.
4. Iris-iris kasar cabe merah, bawang merah, bawang daun, dan daun kemangi.
5. Masukkan cabe rawit, bawang merah, bawang daun, daun kemangi, jeruk lemon, udang kecil dan parut kelapa.
6. Campurkan ikan yang sudah dicabik-cabik dengan bumbu yang lain.
7. Masukkan parutan kelapa ke dalam campuran bahan lain.
8. Tambahkan sedikit garam sesuai selera.
9. Siap dihidangkan.

Sabongi, Kue Tradisional Gorontalo
Kue Sabongi, tentu saja bukan hal yang asing bagi masyarakat Gorontalo, sebab kue ini merupakan salah satu warisan nenek moyang masyarakat Gorontalo sejak dahulu kala. Dot Gorontalo belum bisa menuliskkan sabongi pengertiannya apa, tetapi yang jelas jenis kue tradisional ini telah ada sejak zaman raja-raja Gorontalo hingga saat ini.

Bagaimana sejarah pemberian nama sabongi itu sendiri dan juga cara membuatnya, mungkin akan dibahas di posting selanjutnya. Satu hal yang mungkin sangat menarik dari kue tradisional sabongi ini adalah cita rasanya yang khas kedaerahan.
Meski berbahan dasar pisang dan singkong, kue sabongi sendiri memberikan kenikmatan tersendiri, tidak heran masyarakat Gorontalo sangat menyukai jenis kue ini. Selain itu, cara membuatnya pun sangat mudah, tidak membutuhkan waktu yang lama, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja, tetapi kembali seperti diatas, cara membuatnya nanti diposting dilain waktu, saat ini hanya berfokus pada informasi saja.
Kue sabongi sendiri saat ini, meski kue sangat tradisional bukan berarti kue ini tidak diminati lagi, justru jenis kue ini masih menjadi pilihan pavorit masyarakat Gorontalo, baik itu kalangan biasa maupun kalangan pejabat, tentu saja hal yang digaris bawahi adalah, selain kue khas Gorontalo, kue ini juga merupakan kue legenda, karena jauh Indonesia belum merdeka, masih berbentuk kerajaan-kerajaan kue ini telah ada di Gorontalo, dan merupakan salah satu kue yang digemari oleh raja-raja Gorontalo.

Bagi anda yang datang ke Gorontalo, tidak ada salahnya menikmati kue sabongi kue tradisional khas Gorontalo. Memang, sebenarnya tidak ada toko kue yang resmi menjual sabongi, karena ditiap-tiap rumah warga Gorontalo, ada yang pandai membuat kue ini, dan anda bisa meminta bantuan mereka untuk membuatkan kue sabongi

Dikutip dari http://dotgorontalo.blogdetik.com

 http://indonesia2000.blogspot.com/2012/07/kuliner-khas-gorontalo.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com