makanan Khas Klaten

Ayam Bakar Klaten
Di antara dua kota, Jogja dan Solo, terdapat satu kota kecil bernama Klaten. Soal kulineri, sudah pasti Jogja dan Solo surganya tempat jajan kudapan-kudapan tradisional. Tak sedikit mereka yang terkenal dan melegenda. Saking banyaknya warung tradisional, bahkan keberadaannya telah menjadi salah satu asset budaya yang menopang dan mendorong kepariwisataan dua kota tersebut.
Klaten, meski kota kecil, ternyata juga mempunyai banyak tempat jajan dengan masakan tradisionalnya. Kuliner Klaten tak kalah dengan Jogja dan Solo. Citarasanya, tentu masih sama dengan dua kota itu; Jawa. Tapi Klaten memiliki macam kudapan khasnya sendiri. Satu dari sekian banyak yang khas dari Klaten adalah ayam panggang.
Dalam kamus kuliner, ayam panggang khas Klaten wajib dicoba. Rasanya yang lezat lagi khas, akan mengangkat selera makan Anda. Zaman dulu, biasanya ayam panggang ini dijajakan menggunakan tenongan keliling kota oleh penjualnya. Sekarang, yang seperti itu hampir tak ada lagi di sana. Jika kepincut merasakannya, Anda bisa berkunjung ke Toko Ny. Anggriani di Jl Rajawali, Blateran, Klaten. Dekat pasar gede, timur alun-alun kota.
Ayam panggang Ny. Anggriani amat melegenda. Sudah puluhan tahun Toko Ny Anggriani eksis menjual ayam panggang khas Klaten. Sekarang ini pengelolanya adalah generasi keempat. Soal rasa, pasti juara.
Ayam kampung muda diolah dengan bumbu santan hingga meresap. Santan kental dan bumbu lalu menjadi satu, bergumpal lembut di permukaan ayam. Setelah itu, barulah dipanggang hingga muncul efek gosong yang wangi. Gurih-manis yang muncul jadi sangat khas. Ini yang membuat ayam panggang Ny. Anggrieni masih menjadi primadona sampai sekarang.

sumber : http://kabaremagazine.net/2011/09/ayam-panggang-ny-anggriani-yang-khas-dari-klaten/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com