kuliner khas philipina

Lechon atau Babi Panggang


Babi panggang adalah makanan pokok setiap kali ada perayaan di Filipina. Seperti acara ulang tahun, Natal (terutama di Butuan), Fiesta, Pernikahan. Pada kesempatan tersebut tidak lengkap tanpa kehadiran babi panggang. Dengan kulit renyah dan lembut, daging lezat, menggoda untuk menggigit daging ini selagi panas. Lechon banyak disajikan ketika Natal, dan wajib memesan dua minggu sebelumnya ke penjual. Tapi makanan ini tidak disarankan bagi yang memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

Dinuguan (Sebuah Kaldu Darah Babi dan Daging)

Makanan lainnya adalah Dinuguan yang merupakan darah dan daging babi yang direbus dan dimasak pedas, dengan perpaduan bumbu bawang putih, cabai dan cuka. Kata "dinuguan"berasal dari darah yang berarti kata "dugo", khususnya darah babi. Hal ini dapat disajikan dengan nasi putih atau kue beras (disebut "puto"). Variasi untuk hidangan ini dapat menambahkan santan dalam darah (disebut "tinumis") dan yang doyan pedan bias ditambahkan cabai. Dinuguan menggunakan daging babi, tetapi kadang-kadang juga menggunakan usus babi dan hati. Oya, jangan lupa gosok gigi ya setelah makan masakan satu ini.

Gaya Adobo

Sebenarnya, adobo tidak benar-benar langka di Filipina. Hal ini juga dapat ditemukan di negara-negara Amerika Latin dan bahkan Spanyol. Gaya Adobo di Filipina sudah ada sebelum Spanyol menjajah Filipina pada tahun 1521. Dulu Orang Spanyol sering melihat orang Filipina memasak ayam atau babi dengan direbus dalam cuka, karenanya, mereka menyebutnya adobo (dalam bahasa Spanyol berarti bumbu). Ada dua bahan utama untuk adobo adalah ayam dan daging babi. Atau bisa menggabungkan yang biasa disebut BPA (ayam-babi adobo). Hampir semua orang Filipina tahu bagaimana memasak adobo. Jika Anda memiliki kerabat orang Filipina, mintalah untuk menghidangankan makanan ini. Kemungkinan ada yang tahu tentang hal ini tetapi tahu bagaimana memasaknya.

Kinilaw (Ikan Mentah di Vinegar)

Makanan satu ini dapat ditemukan hampir di setiap restoran yang ada di Mindanao (terutama di General Santos City di selatan Mindanao). Ini adalah ikan mentah (ikan tuna) "dimasak" dalam cuka. Jenis makanan ini seperti sashimi Jepang, hanya cuka yang dimasak dengan daging ikan. Bahan-bahan lainnya adalah jahe, kalamansi (lemon lokal) jus, cabai kecil disebut siling labuyo, santan, dayap (buah lemon berwarna hijau) yang memberikan rasa asam yang berbeda dan bawang. Atau dapat juga menambahkan daging babi panggang untuk membuat sebuah Sinuglaw - sinugbang baboy (babi panggang) dan kinilaw.

Bagaybay

Bagaybay adalah istilah asli untuk telur laki-laki tuna. Dan dapat dimasak adobo-gaya atau panggang. Karena memasak dengan cara tersebut akan menghasilkan cita rasa lezat dan sangat lezat. Versi wanita (kadang-kadang disebut Pinoy kaviar) disebut Bihod. Bagi penderita tekanan darah tinggi tidak dianjurkan untuk melahap dalam porsi besar untuk jenis makanan ini. Tentu saja akan mempengaruhi tensi darah.

Kalderetang (Kambing)

Makanan ini merupakan hidangan yang sangat lezat, yang dibuat dengan tomat, cuka pasta dan merica. Kentang dan wortel juga dapat ditambahkan untuk membuat hidangan lebih bergizi. Di Ilocos, sebuah provinsi di utara Filipina, mereka dapat memasak daging kambing dalam berbagai cara (panggang, goreng, dengan sup, dan lain-lain). Tapi dari semua itu, kambing Kalderetang masih favorit.


Inihaw na Panga (Rahang Tuna panggang)
Makanan satu ini disajikan dengan kecap dan kalamansi jus. Sangat mudah untuk mempersiapkan. Bagian bawah rahang (satu tersembunyi di balik tulang rawan) adalah bagian paling lezat dari makanan ini.

Adobo atau Pritong Palaka (Adobo atau Fried Frog)

Makanan ini sangat eksotik, dan jangan khawatir sebelum dimasak kodok-kodok dibersihkan dan kulitnya dibuang.







Bicol Ekspres

Viand ini dapat bersaing dengan makanan pedas terbaik dari negara-negara lain. Yang panas itu, semakin nikmat rasanya. Ini adalah terbuat dari strip daging babi dan siling labuyo dan dimasak dengan santan. Konon makanan ini benar-benar membuat para penikmatnya akan membelalakan mata ketika menyantap. So Hot...




Balot

Balot merupakan telur bebek yang diinkubasi ("dimasak") selama 16 sampai 18 hari sebelum ini dijual. Sebelum memakan balot dapat mencelupkan dalam garam atau cuka. Bagian dalam balot dapat di jus untuk diminum. Dan sebaiknya Balot disajikan dalam keadaan masih panas.



Kakanins (Desserts Filipina)
Terakhir ini merupakan makanan penutup Filipina. Antara lain Bibingka yaitu kue beras local yang dipanggang dengan arang dan ditaburi dengan keju di atasnya. Bico adalah beras ketan yang dimasak dengan santan. Halo-halo adalah koktail buah yang diracik dengan es dan susu tak jarang juga yang disajikan dalam batok kelapa. Dan Puto adalah kue beras seringkali disajikan dengan Dinuguan. Ada baiknya makanan ini dimakan satu per satu terutama bagi penderita tekanan darah tinggi.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Free Burger Cursors at www.totallyfreecursors.com